Profil Kami

A. Makna Nama:

An Najah artinya sukses

B. Makna Logo:

transplogoannajahtmi

Kerjasama harmonis, sinergi dan seimbang antara sekolah, rumah dan lingkungan

C. Visi:

Mewujudkan Generasi SUKSES dunia akhirat

D. Misi:

Menyelenggarakan lembaga pendidikan yang memperhatikan hak-hak dan kebutuhan peserta didik sesuai tuntunan Al Qur’an, Al Hadits dan Kearifan Lokal

E. Motto:

motto

Sehat, Cerdas, Berakhlaq Mulia

F. Penjelasan Motto:

penjelasanmotto

G. Pencapaian Visi dan Misi:

Menyelenggarakan Tahapan Pembelajaran berdasar Al Qur’an, antara lain QS. Al Baqarah 151

pencapaianvisimisi

“Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”

H.Tahapan Pembelajaran

  1. Membacakan Ayat-Ayat Ilahiyah
    (ayat Qauliyah & Ayat Kauniyah)
  2. Mensucikan Jiwa (tazkiyyah annafs)
    (muhasabah, refleksi, do’a)
  3. Mengajarkan keilmuan
    (Baca, tulis, hitung, sains, IT, dll.)
  4. Mengajarkan kearifan (hikmah)
    (praktek budi pekerti, seni budaya Islami, dll.)
  5. Menumbuhkan rasa keingintahuan
    (pengenalan lingkungan, eksperimen sederhana)

I. Implementasi Kegiatan Pembelajaran Sehari-hari

  1. Pembuka
    Do’a, absensi, refleksi/muhasabah, tadarrus & hafalan
  2. Inti
    Belajar berdasar Sentra (Ibadah, Sains, Peran, Aksara/Persiapan, Kreatifitas, balok, dll.), Diskusi & Pemaknaan
  3. Penutup
    Cerita berhikmah, Pembiasaan Do’a

J. Kurikulum dan Metode Pembelajaran

KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah menerapkan metode sentra / BCCT. Siswa secara bergiliran berpindaj dari satu sentra ke sentra lain (moving class), dengan tujuan untuk memberik kebebasan bereksplorasi dan memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak.

Adapun sentra-sentra yang terdapat di KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah antara lain:

1. Sentra Balok
sentrabalok

Sentra ini membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkonstruksi. Sentra ini mengutamakan perkembangan visual-spasial dan matematika anak pada usia dini, sehingga anak dapat memvisualisasikan imajinasinya secara optimal dengan mengenal berbagai bentuk geometrid serta juga memahami konsep ruang dan bentuk.

2. Sentra Peran dan Seni Kreatifitas

Sentra Peran dan Seni Kreatifitas
Sentra ini memfokuskan pada perkembangan bahasa, interaksi sosial dan keterampilan siswa. Dengan bermain peran, siswa dapat berfantasi dan berpura-pura memainkan perannya sekaligus melatih kemampuan bahasa dan interaksi sosialnya, sehingga anak mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara optimal. Selain itu, sentra ini juga memfokuskan pada seni kreatifitas siswa dengan menciptakan sebuah karya yang dapat melatih daya kreatifitas dan melatih berfikir kreatif. Siswa dapat bermain sambil belajar untuk mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, bersosialisasi, melatih koordinasi antara mata, tangan, kaki dan pikiran.

3. Sentra Bahan Alam
Sentra Bahan Alam

Sentra ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pada siswa untuk bereksplorasi dengan berbagai materi. Sentrai ini memberikan siswa untuk bermain sambil belajar untuk menunjukkan, mengenali, membandingkan, menghubungkan, dan membedakan. Dengan eksplorasi dan eksperimen, siswa akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar, sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

4. Sentra Spiritual Islam
Sentra Religus

Sentra ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan spiritual pada siswa sejak dini dan membentuk pribadi yang cerdas dan berperilaku sesuai dengan norma-norma agama. Kegiatan yang dilakukan dalam sentra ini merupakan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa, karena pengenalan dan pemahaman terhadap agama merupakan suatu konsep yang abstrak dan perlu diterjemahkan menjadi aktivitas yang konkret bagi siswa.

5. Sentra Persiapan

Sentra Persiapan
Sentra ini berfungsi memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan matematika, pra-menulis dan pra-membaca, dengan kegiatan mengurutkan, mengklasifikasikan, dan mengelompokkan berbagai aktivitas lainnya yang mendukung perkembangan kognitif siswa sehingga siswa dapat berfikir teratur, senang membaca dan menulis serta berhitung

K. Fasilitas
1. Ruang kelas AC
2. Sarana bermain outdoor dan indoor
3. Laboratorium Komputer

L. Program Unggulan
1. Tahfidz Al-Quran
2. Moving Class
3. Komputer