UNESCO ASPnet

Ayah Bunda yang berkunjung ke laman ini pasti sedang mencari tahu dan bertanya-tanya:

  1. Apa sih UNESCO ASPnet itu?
  2. Kenapa KB-TK Islam Annajah dapat bergabung dengan UNESCO ASPnet?
  3. Apa manfaatnya ke anak saya?
  4. Sejauh mana keterlibatan KB-TK Islam Annajah di UNESCO ASPnet?

Nah kami akan menjelaskan kepada Ayah Bunda mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas:

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dibentuk tanggal 16 November 1945 ini memiliki tujuan untuk menciptakan perdamaian dunia melalui pendidikan, pembentukan dialog antar budaya dan masyarakat yang berdasarkan pada nilai – nilai bersama. Sebagaimana Oleh karena itu melalui visi ini dibentuk visi global pembangunan berkelanjutan yang turut mengawasi terlindunginya hak asasi manusia, rasa saling menghormati, dan pemberantasan kemiskinan, yang kesemuanya adalah tujuan utama dari misi dan aktivitas UNESCO. Kemudian, dalam rangka memasukkan ide-ide UNESCO dalam program sekolah maka UNESCO telah mendirikan Jaringan Proyek Sekolah Berasosiasi dengan UNESCO/Associated School Project Network (ASPnet) pada tahun 1953 untuk sebagai percobaan proyek UNESCO di sekolah. Kini, jaringan itu menjadi luas baik lokal maupun internasional karena anggotanya sudah lebih dari 10.000 sekolah di 185 negara di dunia dan 100 sekolah di Indonesia.

UNESCO ASPnet di Indonesia sendiri berada dikoordinir oleh Ibu Dra. Hj. Hasnah Gasim yang berada dalam naungan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KNIU ini diketuai oleh Bapak Mendikbud dan sebagai ketua pelaksana hariannya adalah Bapak Prof. Dr. H. Arief Rahman, M.Pd.

KB-TK Islam Annajah dapat bergabung dengan UNESCO ASPnet dan menjadi KB-TK pertama di Indonesia yang menjadi anggotanya, karena pada bulan November 2016, kami mendaftar secara resmi kepada Ibu Dra. Hj. Hasnah Gasim selaku koordinator UNESCO ASPnet Indonesia dengan sebelumnya mengisi formulir dan melaporkan kegiatan di sekolah yang terkait dengan tema project di ASPnet seperti UN and World Problems, Peace and Human Rights, Intercultural  Understanding dan Education for Sustainable Development. Kami mengambil tema terakhir yaitu Education for Sustainable Development (Pendidikan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan). Tema terakhir itu kami ambil karena di dalamnya ada sub-tema yaitu Pendidikan Perubahan Iklim (Climate Change Education) yang masih terkait dengan program di sekolah kami yaitu mengajarkan peserta didik untuk menyayangi dan merawat lingkungan karena itu masih berkaitan dengan motto sekolah yaitu Sehat, Cerdas dan Berakhlak Mulia.

Selanjutnya, pada akhir bulan Februari 2016, kami mendapat kabar dari Ibu Dra. Hj. Hasnah Gasim selaku koordinator UNESCO ASPnet Indonesia bahwa aplikasi kami diterima oleh Dirjen UNESCO di Paris saat itu yaitu Madam Irina Bokova. Kemudian pada hari Kamis tanggal 9 Maret 2017, di Ruang Anggrek, Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, dilakukan serah terima sertifikat keanggotaan KB-TK Islam An Najah ke dalam UNESCO Associated School Project Network (Jaringan Proyek Sekolah Berasosiasi dengan UNESCO).

Sertifikat tersebut diserahkan bersama oleh Bapak Prof. H. Arief Rahman, M.Pd (Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) dan Ibu Dra. Hj. Hasnah Gasim (Koordinator UNESCO ASPnet Indonesia) kepada Ibu Ika Ayu Pratiwi, S.Pd (Kepala KB-TK Islam An Najah) yang disaksikan oleh Bapak Hari Prasetyo, M.A (Direktur Pendidikan Yayasan An Najah Taman Melati Indah) dan beberapa kepala sekolah dan guru dari sekolah anggota UNESCO ASPnet lainnya.

Kegiatan UNESCO ASPnet di masing-masing sekolah disesuaikan dengan tema yang dipilih oleh sekolah. Strategi UNESCO ASPnet menekankan pada konsep lifelong education berdasarkan 4 Pilar Pendidikan untuk abad ke-21 yakni learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Dari sisi guru-gurunya semakin mempunyai banyak kesempatan untuk diberi pelatihan dari UNESCO ASPnet yang sumbernya langsung dari UNESCO Paris, sehingga wawasannya menjadi bertambah dan luas. Jika guru-gurunya memiliki banyak wawasan, maka pada akhirnya, dapat memberi dampak yang baik kepada putra-putri Ayah Bunda sebagai peserta didik di KB-TK Islam Annajah.

Keterlibatan KB-TK Islam Annajah di UNESCO ASPnet sejauh ini adalah:

  1. Desember 2016:  KB-TK Islam Annajah mengikuti kegiatan UNESCO ASPnet pertama kalinya terkait pengenalan Whole School Approach to Climate Change di Hotel Millenium Sirih, Jakpus
  2. Februari 2017:  KB-TK Islam Annajah mengikuti kegiatan Learning to Live Together.
  3. Maret 2017: Laporan implementasi WSA to CC di Hotel Millenium Sirih, Jakpus
  4. April 2017 : Pelatihan WSA to CC dan Pengenalan Global Citizenship Education di SMK 27 Pasar Baru, Jakpus
  5. September 2017: Laporan WSA to CC dan Pelatihan GCED di Hotel 101, Kebayoran, Jaksel dan Mendapat kunjungan studi banding dari Komisi Nasional Timor-Leste untuk UNESCO.
  6. November 2017: Pelatihan GCED oleh UNESCO APCEIU Korsel di Hotel Century Park, Senayan
  7. Desember 2017:  Mengadakan Workshop untuk 5 TK Mitra Sekolah UNESCO ASPnet sesuai yang dimandatkan oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemendikbud RI.

Demikian informasi sekilas UNESCO ASPnet ini. Semoga dengan bergabungnya KB-TK Islam An Najah ke UNESCO ASPnet, KB-TK Islam An Najah makin berkembang dan menjadi sekolah unggul yang dapat membentuk karakter generasi baru yang mempunyai wawasan yang luas mempunyai visi dan misi serta mau bekerja keras sesuai dengan visi dan misi Yayasan Annajah Taman Melati Indah dan harapan UNESCO. Amin.