Sejarah Berdirinya Yayasan Annajah Taman Melati Indah

Cita-cita pendirian Yayasan Annajah Taman Melati Indah oleh Bapak H. Sugiarto, M.A. dan Bunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag bermula dari tradisi untuk berbagi ilmu agama di keluarga beliau yang telah mengakar kuat dan juga diawali dengan perjuangan beliau untuk memfasilitasi generasi penerus untuk mendalami agama yang dimulai dari anak-anak yang mengaji di rumah beliau di Pamulang.

Apalagi, saat itu usia Bapak H. Sugiarto, M.A. akan menjelang 40 tahun, dimana usia 40 tahun merupakan suatu fase usia yang disebut secara khusus dalam Al-Qur’an di surat Al-Ahqaaf ayat 15, sehingga niat beliau semakin teguh untuk mendirikan sebuah yayasan yang dimaksudkan untuk memberi kebaikan kepada generasi penerus sesuai dengan surat tersebut. Rupanya Allah SWT menjawab niat, doa dan cita-cita beliau dengan adanya tawaran dari jamaah beliau berupa sebidang lahan seluas 237 m2 yang akan dibangun di Perumahan Taman Melati Indah.

Oleh karena itu, Bapak H. Sugiarto, M.A. mendirikan Yayasan Annajah Taman Melati Indah pada tanggal 22 Agustus 2013 yang sekaligus hari ulang tahun untuk istri beliau yaitu Bunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag. Pendirian tersebut merupakan hadiah ulang tahun yang ke-41 tahun untuk istri beliau. Pendirian tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung yayasan di Perumahan Taman Melati Indah Blok B28, Kampung Parung Poncol, Kel. Duren Mekar, Kec. Bojongsari, Kota Depok 16518, Jawa Barat.

bangunan-awal
Bangunan Awal Yayasan Annajah Taman Melati

Kemudian dalam rangka perluasan areal yayasan, Bapak H. Sugiarto, M.A. dan Bunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag membeli sebidang lahan seluas 84 m2 di Blok B 29 yang bersebelahan dengan gedung yayasan yang berada di Blok B 28. Dana pembelian lahan tersebut berasal dari hasil penjualan tanah yang beliau miliki di Pondok Petir, Bojongsari, Depok. Di lahan tersebut, Alhamdulillah, telah didirikan Gazebo, Musholla dan Ruangan yang direncanakan akan digunakan sebagai ruang Audio Visual untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Bangunan Yayasan Annajah Taman Melati Saat Ini
Bangunan Yayasan Annajah Taman Melati Saat Ini

Untuk menguatkan pendirian yayasan tersebut dari segi hukum, maka pendirian Yayasan Annajah Taman Melati Indah telah dilegalkan dengan Akta Pendirian Yayasan dari Notaris Hadijah, SH bernomor 14 pada tanggal 15 April 2014 dan telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan SK yang bernomor AHU-06821.50.10.2014 pada tanggal 29 September 2014.

Unit yang pertama kali terbentuk di bawah naungan Yayasan Annajah Taman Melati Indah adalah Rumah Tahfidz Al Quran (RTA) Annajah pada tahun 2013 dan dikepalai oleh Bunda Lafi Nurittaufiqoh, S.Pd.I, keponakan dari Bapak H. Sugiarto, M.A. dan Bunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag, yang saat itu pada tahun 2013 baru saja menyelesaikan pendidikan tingginya dari Institut Ilmu Al Quran di Ciputat.

Kemudian, setahun setelah berdirinya unit RTA, dengan dilandasi dari pengalaman dan kecintaan Bapak H. Sugiarto, M.A. dan Bunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag. terhadap dunia pendidikan anak usia dini, maka pada tahun 2014, unit KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah didirikan. Pada tahun pertamanya unit KB-TK berdiri, telah bergabung sebanyak 15 peserta didik dengan 2 orang guru yang mengajar. Kini, unit KB-TK telah memiliki 30 peserta didik, 5 guru dan 1 karyawan.

Selain unit RTA dan KB-TK, YayasanAnnajah Taman Melati Indah juga memiliki unit Majelis Ta’lim Annajah yang mulai berjalan padatahun 2014. Kegiatan ini diikuti oleh para muslimah yang tinggal di komplek perumahan Taman Melati Indah. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Jumat sore setiap awal bulan di Musholla Annajah.

Seluruh unit tersebut berada di gedung dan areal yang dimiliki dan dibangun oleh Yayasan Annajah Taman Melati Indah yang berlokasi di Perumahan Taman Melati Indah Blok B28-29, Kampung Parung Poncol, Kel. Duren Mekar, Kec. Bojongsari, Kota Depok 16518, Jawa Barat dengan bukti kepemilikan berupa Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli yang bernomor 07 tanggal 13 Mei 2014 dengan Notaris dan PPAT yang mengesahkan adalah Hanariah, S,H, MKn dan dilengkapi pula dengan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Pemerintah Kota Depok yang bernomor 648.12/1562.26/IMB/BPMP2T/2015.

Insya Allah, di masa mendatang akan segera diwujudkan beberapa unit lagi di lahan kami seluas 1.565 m2 di Perumahan Taman Melati Premier, yang jaraknya sekitar 300 meter dari lokasi yayasan di Perumahan Taman Melati Indah, antara lain: Islamic Boarding School, Masjid, Balai Pengobatan, dan Layanan sosial lainnya.