Profil Pengurus dan Staf Yayasan

kayas Bapak H. Sugiarto, M.A., yang menjabat sebagai Ketua Yayasan Annajah Taman Melati Indah ini, lahir di kota Nganjuk, Jawa Timur pada bulan April lebih dari empat dekade yang lalu. Memulai pendidikan dasarnya di daerah Rungkut, Surabaya lalu kembali ke kota kelahirannya untuk melanjutkan pendidikan menengah pertamanya dan menuntaskan pendidikan menengah keduanya di Madrasah Aliyah Al Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

Beliau menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Dakwah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berhasil lulus pada tahun 1998. Pada tahun yang sama beliau mulai mengajar Pendidikan Agama Islam dan menjadi pemimpin sekolah di salah satu sekolah Islam ternama di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan sampai tahun 2010.

Beliau pernah mengajarkan mata kuliah Agama Islam di Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sekarang, beliau aktif mengajar mata kuliah Agama Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Akademi Keperawatan (AKPER) Jayakarta, Universitas Pamulang (UNPAM), dan Fakultas Dakwah di Institut PTIQ Jakarta. Selain mengajar dan berdakwah, beliau juga membimbing haji dan umrah para jamaahnya yang tersebar di Indonesia.

Di tengah kesibukannya, beliau masih dapat menyempatkan diri untuk mengambil Program Pasca Sarjana Ilmu Tafsir di Institut PTIQ Jakarta dan berhasil meraih gelar M.A beliau pada tahun 2007. Di kampus yang sama, saat ini beliau sedang menempuh program doktoralnya. Pengalaman beliau di dunia dakwah dan pendidikan selama lebih dari dua dekade sudah melekat di jiwa beliau, sehingga hal tersebut memotivasi dan memanggil beliau untuk mendirikan Yayasan Annajah Taman Melati Indah pada tanggal 22 Agustus 2013.


Bbendyasunda Hj. Siti Ilyatul Markumah, S.Ag, atau lebih akrab dipanggil dengan Bunda Ilya ini, merupakan Bendahara Yayasan Annajah Taman Melati Indah sekaligus pasangan dari Bapak Sugiarto. Beliau lahir di Nganjuk pada bulan Agustus dan memulai pendidikan dasarnya di daerah Banjaranyar, kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertamanya di Madrasah Tsanawiyah Tanjunganom lalu menuntaskan pendidikan menengah keduanya di Madrasah Aliyah Tambak Beras, Jombang.

Beliau menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Malang, Jawa Timur dan lulus pada tahun 1996. Sejak tahun 1998, beliau adalah salah satu perintis dan pengurus Taman Pendidikan Al Quran Masjid Al Hidayah di Pamulang. Beliau juga pernah menjadi guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah dari tahun 2009 sampai 2013. Berangkat dari pengalaman dan kecintaan bunda Ilya terhadap dunia pendidikan anak tersebut, dengan bersama-sama dengan bapak Sugiarto, saling meneguhkan niat untuk mendirikan Yayasan Annajah Taman Melati Indah pada tahun 2013.


m2e_pndiajBapak Hari Prasetyo, M.A adalah direktur bidang pendidikan di Yayasan Annajah Taman Melati Indah yang merupakan seorang spesialis di bidang Globalisiasi Pendidikan: Kebijakan dan Praksis yang ilmunya beliau dapatkan dari School of Education, University of Sheffield, Inggris dengan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selama tinggal di Inggris, beliau pernah menjabat sebagai Media Communication Officer merangkap Oi! Mate Coordinator Persatuan Pelajar Indonesia di Sheffield, Inggris dan aktif sebagai anggota pengajian Keluarga Besar Islam di Britania Raya (KIBAR). Beliau, yang memiliki hobi jalan-jalan dan wisata kuliner ini, memiliki pengalaman di dunia pendidikan lebih dari 10 tahun sebagai guru profesional pada mata pelajaran Biologi di sebuah sekolah Islam swasta ternama di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di sekolah itu, beliau pernah di anugerahi sebagai Guru Inspiratif pada Bidang Aplikasi IPTEK dan TIK dalam Mengajar dan Menulis.

Beliau juga pernah menjadi Juara 2 Lomba Karya Ilmiah se-Jabodetabek di Universitas Paramadina pada tahun 2014 sehingga beliau berkesempatan untuk hadir pada acara makan siang bersama Rektor Universitas Paramadina saat itu, Bapak Anies Baswedan, Ph.D. Prestasi beliau di luar negeri adalah berhasil menjadi Juara 2 UNESCO ASPNet Good Practice Development Project in Achieving  MDGs  through  ESD  in  the  Asia-Pacific  Region  yang diselenggarakan oleh Korean  National  Commission  for UNESCO,  UNESCO  ASPnet  dan Kementerian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea Selatan pada tahun 2009 dan juga mendapatkan travel grant sebanyak empat kali mewakili Indonesia untuk mengikuti seminar dan konferensi pendidikan di Lebanon, Korea Selatan, Irlandia, dan Amerika Serikat.

Sejak tahun 2005, beliau merupakan trainer guru UNESCO Associated School Project Network dan International Education Resource and Network di Indonesia. Beliau juga tergabung organisasi guru profesional yaitu Ikatan Guru Indonesia dan Federasi Serikat Guru Indonesia.  Beliau juga menyukai olahraga pencak silat, futsal dan seni Angklung yang dibuktikan dengan keberhasilan beliau menjadi juara regional dan juara nasional selama menjadi mahasiswa dan menjadi anggota Tim Bola PPI Sheffield, untuk tampil di ajang People’s FA Cup di Sheffield, serta menjadi anggota inti tim angklung yang tampil pada acara Indonesian Batik Day di Sheffield Hallam University, Inggris pada tahun 2014, Gala Culture Night di acara Indonesian Scholars International Convention (ISIC) di University of Oxford, Inggris dan dan acara Indonesian Cultural Festival 2015 di University of Manchester, Inggris. Pengalaman beliau telah ditulis ke dalam buku dengan judul “The Tales of Good Hope” yang dicetak oleh Indie Publishing.