Profil Bunda Ika

buikaNama lengkap Bunda Ika adalah Ika Ayu Pratiwi, S.Pd. Beliau lahir dan tumbuh kembang di Purworejo sebelum melanjutkan pendidikan tingginya di Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2005. Selama berkuliah, beliau pernah mendapatkan Dana Hibah DIKTI Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian bidang Humaniora dan mengikuti seleksi Program Pertukaran Pemuda ASEAN Propinsi Jawa Tengah. Adapun karya tulis yang telah beliau hasilkan antara lain: “Untaian Melati dan Janur Kuning Sang Dukun Manten: Kajian Semiotik Budaya Jawa”, “Optimalisasi Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri dengan Melatih Kecerdasan Motorik dan Visuo-Spasial melalui media Papercraft pada Anak Usia 5-6 Tahun pada Siswa TK Pertiwi 01 Sumurjurang Gunungpati Semarang”, “Guiding House sebagai wadah Pembelajaran Budaya dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang”, dan “Penerapan Media Flash dalam Pembelajaran bahasa Prancis Pemula di Usia Middle Childhood (6-11 Tahun)”. Beliau juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian, Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Profesi Bahasa dan Sastra Asing, dan menjadi Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni di kampusnya sehingga pada saat lulus, beliau dianugerahi gelar Wisudawan Aktivis dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Beliau berkecimpung di dunia pendidikan anak-anak sejak dari tahun 2010. Berpengalaman mengajar menggunakan Sistem Sentra (Beyond Centers and Circle Time/BCCT) sebagai Guru Sentra Eksplorasi dan Daya Cipta dari tahun 2011 sampai tahun 2014 di sebuah PAUD Percontohan Nasional di Purworejo, Jawa Tengah. Beliau juga pernah menjadi staf Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sekaligus guru kelas di sebuah SD di kota kelahirannya dan beliau juga pernah menjadi Guru SD di sebuah sekolah swasta ternama di daerah Rempoa, Tangsel.

Beliau masih aktif menulis karya, mengikuti seminar dan workshop terkait dengan Pendidikan Anak Usaha Dini. Pada tahun 2015, beliau mengikuti Seminar Bahasa dan Budaya yang diselenggarakan oleh  SEAMEO QITEP in Language, Seminar Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan oleh MPR RI dan Seminar Aku Bisa-Design for change yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 2013, beliau menulis “Tuntas Sudah Tahap Mengguntingku di Usia 5 Tahun” dan mengikuti program Studi Banding Kegiatan Belajar PAUD dengan metode “Belajar melalui Bermain Integrasi Nilai-nilai Kehidupan Beragama dengan Pendekatan Sentra dan saat Lingkaran” di KB, RA dan TPA Istiqlal Jakarta Pusat, kemudian terlibat dalam Workshop Penyusunan Bahan Ajar Bermain Sosial Bagi Anak Usia Dini dan Pelatihan Kurikulum KB-TK yang diadakan oleh Ditjen PAUD, Pelatihan Gerak dan Lagu Anak Usia Dini, Pelatihan Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini, dan Studi Banding Pembelajaran PAUD Percontoan di KB-TK Aisyiyah 2 Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Karena kecintaan, pengalaman dan prestasi beliau di Pendidikan Anak Usia Dini itulah yang membuat Yayasan Annajah Taman Melati Indah mempercayakan jabatan Kepala KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah kepada beliau. Beliau kembali menorehkan prestasi pada tanggal 29 Juli – 3 Agustus 2016 dengan menjadi Terbaik Ke-2 dan Juara 1 Kreativitas Memanfaatkan Barang Bekas pada Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Diklat Berjenjang yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru TK Indonesia Pusat dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewakili Annajah Taman Melati Indah dan Provinsi Jawa Barat.