Mengapa Memilih Annajah?

Kami akan menjelaskan lima alasan kepada Ayah dan Bunda mengapa Annajah adalah sekolah yang tepat untuk mendidik putra-putri Ayah dan Bunda.

  1. Kegiatan Belajar dan Mengajar menggunakan Sistem Beyond Centers and Circle Time (BCCT)

    • Sistem ini dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) yang berada di Florida Amerika Serika yang kemudian diimplementasikan dengan baik oleh Pamela Phelps, Ph.D di Creative Pre School, Florida selama lebih dari 25 tahun, baik untuk anak normal maupun untuk anak dengan kebutuhan khusus.
    • Dalam Kurikulum PAUD, sistem BCCT ini dikenal juga dengan sistem SELING (Sentra dan Lingkaran). Sistem ini mendasarkan  pada  asumsi  bahwa  anak belajar  melalui  bermain  dengan  benda-benda  dan  orang-orang  di sekitarnya  (lingkungan). Dalam  bermain,  anak  akan aktif berinteraksi  dengan lingkungannya. Sistem ini dirancang dalam bentuk sentra-sentra, dimana sekolah kami telah memilikinya, seperti Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran, Sentra Balok, Sentra Persiapan, Sentra Seni & Kreatifitas, dan Sentra Rohani Islam. (Silakan kunjungi http://tk.annajah.id/sentra-di-annajah)
    • Terkait dengan pentingnya bermain, Imam Ghazali pernah menyatakan, bahwa setiap orang tua harus memberikan izin kepada anaknya sepulang dari sekolah menghafal al-Qur’an, untuk bermain suatu permainan yang baik, sebagai pelepas lelah dari kegiatan sekolah, karena bermain bagi anak kecil tidak membuatnya lelah. Adapun pelarangan kepada anak kecil untuk bermain dengan memaksanya untuk selalu belajar, akan mengakibatkan kebekuan hati, hilangnya kepintaran, dan menjadikan kehidupannya selalu dirundung kesedihan, sampai akhirnya anak akan mencari jalan keluar dari semua itu (Mursi, 2006).
    • Seluruh kegiatan pembelajaran dengan sistem BCCT berfokus pada anak sebagai subjek pembelajar dan berpusat di sentra bermain dan saat anak dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak, yaitu (1) pijakan lingkungan main; (2) pijakan sebelum main; (3) pijakan selama main; dan (4) pijakan setelah main. Pendidik lebih banyak berperan sebagai fasilitator dan motivator dengan memberikan pijakan-pijakan tersebut (Masruroh, 2011).
    • Dari penjelasan singkat sistem BCCT di atas, kami menilai bahwa sistem tersebut sesuai dengan filosofi pendidikan anak usia dini kami dimana kami menyadari bahwa pengalaman bermain yang tepat dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri, serta mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak, baik fisik, emosi, kognisi, maupun sosial anak. Kemudian, anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah dan proses belajar melalui kegiatan bermain akan lebih bermakna jika anak mengalami yang dipelajari bukan hanya sekadar mengetahui (Constructivism). Hal-hal itulah yang menjadi dasar pemikiran kami untuk memilih sistem BCCT untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah kami.
  2. Program Unggulan Annajah yaitu Tahfidz Al-Quran & Asmaul Husna
    1. Terkait dengan visi kami yaitu mewujudkan generasi sukses dunia akhirat dan misi kami yaitu menyelenggarakan lembaga pendidikan yang memperhatikan hak-hak dan kebutuhan peserta didik sesuai tuntunan Al Qur’an, Al Hadits dan Kearifan Lokal, maka kami bermaksud untuk menyelenggarakan Tahapan Pembelajaran di sekolah kami berdasarkan QS. Al Baqarah 151.
    2. pencapaianvisimisi
    3. Yang artinya adalah “Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”
    4. Jadi, program ini merupakan program unggulan sekolah kami yang dilakukan setiap pagi hari sebelum diajarkan ilmu pengetahuan di sentra-sentra. Peserta didik terlebih dahulu akan dikenalkan surat-surat pendek Al Quran berikut dengan Tartil dan Tahsin, serta Asmaul Husna yang kemudian dilanjutkan dengan muhasabah, refleksi, atau do’a dalam rangka mensucikan jiwa (Tazkiyyah Annafs).
    5. Adapun program Tahfidz Al Quran selama 1 tahun (2 semester) tertera sebagai berikut:
      KB Tahfidz A
      (Kelas Pemula)
      Tahfidz B
      (Kelas Lanjutan)
      1. Al Faatihah
      2. An Naas
      3. Al Falaq
      4. Al-Ikhlash
      5. Al Lahab
      6. An Nashr
      7. Al Kaafiruun
      8. Al Kautsar
      1. Al Faatihah
      2. An Naas
      3. Al Falaq
      4. Al-Ikhlash
      5. Al Lahab
      6. An Nashr
      7. Al Kaafiruun
      8. Al Kautsar

      Ditambah dengan
      9. Al Maa’uun
      10. Al Quraisy
      11. Al Fiil
      12. Al Humazah
      13. Al ‘Ashr
      15.    At Takatsur 

      1. Al Faatihah
      2. An Naas
      3. Al Falaq
      4. Al-Ikhlash
      5. Al Lahab
      6. An Nashr
      7. Al Kaafiruun
      8. Al Kautsar
      9. Al Maa’uun
      10. Al Quraisy
      11. Al Fiil
      12. Al Humazah
      13. Al ‘Ashr
      14. At Takatsur

      Ditambah dengan
      15. Al Qoriah
      16. Al ‘Aadiyaat
      17. Al Zalzalah
      18. Al Bayyinah
      19. Al Qadr
      20. Al Alaq
      21. At Tiin
      22. Al Insyiraah
      23. Ad Dhuha

  3. Sarana Belajar dan Mengajar yang Representatif
    • Kami menyadari bahwa kenyamanan dalam belajar sambil bermain merupakan faktor yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, seluruh ruang kelas KB-TK Islam Annajah Taman Melati Ruang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan alat serta bahan belajar dan bermain yang memadai.
    • Kemudian, ada sarana bermain outdoor dan indoor untuk tempat peserta didik bermain. Terdapat pula laboratorium komputer dengan LCD Projector dan 4 unit PC yang dilengkapi dengan aplikasi dan software permainan dan pelajaran bagi anak-anak.
    • Tersedia juga portable sound system dengan wireless microphone dan televisi layar datar serta koneksi Internet via WIFI untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.
  4. Para Pendidik yang Berpengalaman yang secara terus menerus kami bina dengan berbagai pelatihan dan pengembangan
    • Sumber daya manusia adalah kunci keberhasilan dan kemajuan sekolah dan peserta didiknya. Oleh karena itu, kami hanya merekrut insan-insan yang selaras dengan visi dan misi kami.
    • Latar belakang pendidikan para pendidik dan staf kami sangat beragam dan tersebar dari berbagai macam spesialisasi mulai dari yang sedang kuliah sampai yang sudah lulus dari tingkat diploma, sarjana, bahkan tingkat pasca sarjana dari universitas dalam negeri maupun dari luar negeri, yang secara terus menerus kami bina dengan berbagai pelatihan dan pengembangan baik terkait dengan BCCT ataupun kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik seperti pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.
    • Para pendidik kami ada yang memiliki pengalaman bekerja di sebuah PAUD Percontohan Nasional yang juga menerapkan sistem BCCT, kemudian juga pernah melakukan studi banding/observasi/pelatihan di TK Istiqlal, TK Bina Cendekia dan TK Madrasah Pembangunan yang juga menggunakan sistem BCCT. Silakan Ayah Bunda melihat profil para pendidik dan tenaga kependidikan kami di link berikut http://tk.annajah.id/staf-kami/ serta profil pengurus dan staf yayasan di link berikut http://tk.annajah.id/profil-pengurus-dan-staf-yayasan/
  5. Lingkungan Sekolah yang Aman dan Nyaman
    • Sekolah kami berada di tengah-tengah Perumahan Taman Melati Indah, Bojongsari, Depok yang lokasinya bebas dari kepadatan lalu lintas dan kendaraan. Lingkungan yang aman karena dijaga oleh keamanan Perumahan Taman Melati Indah selama 24 jam sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi orangtua maupun peserta didik yang belajar di sekolah kami. Dekat dengan lapangan yang luas sehingga dapat menunjang pelaksanaan pendidikan.

Demikian lima alasan yang telah kami jelaskan kepada Ayah dan Bunda tentang mengapa Annajah adalah sekolah yang tepat untuk mendidik putra-putri Ayah dan Bunda. Kami menunggu kehadiran Ayah Bunda untuk datang ke sekolah kami dan kami akan membuka pintu kami di sekolah untuk segala pertanyaan Ayah Bunda mengenai pendidikan di sekolah kami. Terima kasih.

Referensi:

  1. Masruroh, F. (2011). Aktualisasi Kecerdasan Verbal Linguistik  Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK ABA Nur’aini Ngampilan Yogyakarta (Thesis). Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
  2.  Mursi, S.M.S (2006). Seni Mendidik Anak. Pustaka Kautsar Jakarta.