Untuk mencapai visi dan misi sekolah beserta dengan mottonya yaitu Sehat, Cerdas, dan Berakhlak Mulia maka memerlukan strategi dalam pembelajaran melalui metode pembelajaran Annajah yang khas yaitu:

1. Membacakan Ayat-Ayat Ilahiyah (ayat Qauliyah & Ayat Kauniyah)
2. Mensucikan Jiwa (tazkiyyah annafs) (muhasabah, refleksi, do’a)
3. Mengajarkan keilmuan (Baca, tulis, hitung, sains, IT, dll.)
4. Mengajarkan kearifan (hikmah) (praktek budi pekerti, seni budaya Islami, dll.)
5. Menumbuhkan rasa keingintahuan (pengenalan lingkungan alam sosial melalui eksperimen sederhana)

Kelima tahapan pembelajaran tersebut diimplementasikan oleh para pendidik KB-TK Islam Annajah ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari yaitu:

1. Pembuka
Do’a, absensi, refleksi/muhasabah, ikrar, tadarrus & hafalan

2. Inti
Bermain berdasarkan Sentra (Ibadah,  Sains,  Peran,  Aksara/Persiapan, Kreativitas,  Balok, dll.) sesuai dengan 4 tahap pijakan (Pijakan Lingkungan, Sebelum Bermain, Saat Bermain, Setelah Bermain).

3. Penutup
Cerita berhikmah, Recalling & Pembiasaan Do’a sebelum pulang (Doa bepergian dan naik kendaraan)

Khusus untuk Program Tahfidz dan Asmaul Husna, strateginya adalah:

• Melakukan murojaah selama satu minggu satu surat dan setelah satu minggu menambah satu bacaan surat
• Kalau ada peserta didik yang tertinggal bacaan surat (karena absen/lainnya) maka dengan murojaah peserta didik diharapkan dapat mengejar ketertinggalan
• Sinergi antara pembiasaan di sekolah dengan di rumah
• Melakukukan cek pembacaan surat yang 3 aspek pengetahuan, pelaksanaan, dan pembiasaan
• Mengulang bacaan surat dari bacaan awal

Selain itu, dilakukan juga pengembangan potensi peserta didik dan pembentukan karakter sesuai dengan motto Annajah (Sehat, Cerdas, dan Berakhlak Mulia) ke dalam kepribadian dan cita-cita hidup siswa sehingga kelak akan berguna bagi dirinya sendiri, orang lain/masyarakat, bangsa negara dan agama Islam.

Strateginya melalu pengajaran kepada siswa, pembiasaan, konsistensi sepanjang waktu sehingga menjadi kebiasan dan karakter siswa. Ditunjang dengan keteladanan guru, orang tua, dan seluruh stakeholder baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari di rumah.Adapun strateginya dapat dijabarkan pada gambar di bawah ini:

Khusus di sekolah, kuncinya ada pada guru kami. Karena, bagi kami, guru hadir sebagai pendidik sekaligus pemimpin bagi anak didiknya. Karena pentingnya kesinambungan konsistensi dalam pembiasaan, maka strategi berikutnya adalah dilakukan program parenting secara rutin kepada orang tua siswa sehingga orang tua dapat mengawasi dan mendukung pembentukan karakter anaknya selama berada di rumah. Orang tua juga dapat bekerja sama dengan wali kelas untuk melakukan konsultasi.

Kemudian, dalam rangka mewujudkan pembentukan karakter yang baik dan perkembangan kognisi, bahasa, sosial, psiko-motorik siswa, maka kami juga menyediakan sarana prasarana berupa sentra-sentra, sebagai bentuk stimulasi  antara lain:

1. Sentra Balok

img-20160804-wa0009

Sentra ini membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkonstruksi. Sentra ini mengutamakan perkembangan visual-spasial dan matematika anak pada usia dini, sehingga anak dapat memvisualisasikan imajinasinya secara optimal dengan mengenal berbagai bentuk geometrid serta juga memahami konsep ruang dan bentuk.

2. Sentra Peran dan Seni Kreatifitas

dscn03021

Sentra ini memfokuskan pada perkembangan bahasa, interaksi sosial dan keterampilan siswa. Dengan bermain peran, siswa dapat berfantasi dan berpura-pura memainkan perannya sekaligus melatih kemampuan bahasa dan interaksi sosialnya, sehingga anak mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara optimal. Selain itu, sentra ini juga memfokuskan pada seni kreatifitas siswa dengan menciptakan sebuah karya yang dapat melatih daya kreatifitas dan melatih berfikir kreatif. Siswa dapat bermain sambil belajar untuk mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, bersosialisasi, melatih koordinasi antara mata, tangan, kaki dan pikiran.

3. Sentra Bahan Alam

img-20160811-wa0027

Sentra ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pada siswa untuk bereksplorasi dengan berbagai materi. Sentrai ini memberikan siswa untuk bermain sambil belajar untuk menunjukkan, mengenali, membandingkan, menghubungkan, dan membedakan. Dengan eksplorasi dan eksperimen, siswa akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar, sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

4. Sentra Ruhani Islam

img-20160801-wa0033

Sentra ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan spiritual pada siswa sejak dini dan membentuk pribadi yang cerdas dan berperilaku sesuai dengan norma-norma agama. Kegiatan yang dilakukan dalam sentra ini merupakan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa, karena pengenalan dan pemahaman terhadap agama merupakan suatu konsep yang abstrak dan perlu diterjemahkan menjadi aktivitas yang konkret bagi siswa.

5. Sentra Persiapan

img-20160722-wa0090

Sentra ini berfungsi memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan matematika, pra-menulis dan pra-membaca, dengan kegiatan mengurutkan, mengklasifikasikan, dan mengelompokkan berbagai aktivitas lainnya yang mendukung perkembangan kognitif siswa sehingga siswa dapat berfikir teratur, senang membaca dan menulis serta berhitung

Fasilitas
1.    Ruang kelas ber-AC
2.    Sarana bermain outdoor dan indoor
3.    Laboratorium Komputer
4.    Internet
5.    CCTV 24 jam

Program Unggulan
1.    Tahfidz Al-Quran
2.    Asmaul Husna
3.    Moving Class