Tujuan Penyelenggaraan KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah

1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pasal 1.14 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003);

2. Mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik (Penjelasan Pasal 28 ayat 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003);

3. Membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (Pasal 3 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990).

Kurikulum PAUD di KB-TK Islam Annajah

Dalam rangka mencapai visi misi Annajah dan tujuan penyelenggaraan pendidikan di atas, maka KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah menerapkan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan Permendikbud RI No 146 Tahun 2014 menggunakan metode sentra / BCCT (Beyond Center and Circle Time).

Dengan metode sentra / BCCT, peserta didik secara bergiliran berpindah dari satu sentra ke sentra lain (moving class), dengan tujuan untuk memberikan kebebasan bereksplorasi dan memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak.

Sistem Sentra / BCCT ini dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT) yang berada di Florida Amerika Serika yang kemudian diimplementasikan dengan baik oleh Pamela Phelps, Ph.D di Creative Pre School, Florida selama lebih dari 25 tahun, baik untuk anak normal maupun untuk anak dengan kebutuhan khusus. Dalam Kurikulum PAUD, sistem BCCT ini dikenal juga dengan sistem SELING (Sentra dan Lingkaran). Sistem ini mendasarkan  pada  asumsi  bahwa  anak belajar  melalui  bermain  dengan  benda-benda  dan  orang-orang  di sekitarnya  (lingkungan). Dalam  bermain,  anak  akan aktif berinteraksi  dengan lingkungannya. Sistem ini dirancang dalam bentuk sentra-sentra, dimana sekolah kami telah memilikinya, seperti Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran, Sentra Balok, Sentra Persiapan, Sentra Seni & Kreatifitas, dan Sentra Rohani Islam. (Silakan kunjungi http://tk.annajah.id/sentra-di-annajah)

Kami tidak mengajarkan Calistung (Baca Tulis Hitung) kepada siswa kami, Siswa hanya dikenalkan dengan huruf dan angka, karena berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, calistung tidak diperbolehkan dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Sebab, idealnya anak-anak murid siswa pada usia PAUD hanya dikenalkan huruf dan angka tanpa harus dipaksa membaca dan berhitung.

Program Tahfidz Al Quran dan Asmaul Husna

Kedua program tersebut merupakan program unggulan sekolah kami yang dilakukan setiap pagi hari sebelum diajarkan ilmu pengetahuan di sentra-sentra. Di pagi hari, peserta didik terlebih dahulu akan dikenalkan surat-surat pendek Al Quran berikut dengan Tartil dan Tahsin, serta 99 Asmaul Husna yang disenandungkan bersama-sama dengan siswa dan guru, kemudian dilanjutkan dengan muhasabah, refleksi, atau do’a dalam rangka mensucikan jiwa (Tazkiyyah Annafs).

Indikator:

• Dapat mendengarkan bacaan guru
• Dapat menirukan bacaan guru
• Dapat melafalkan sesuai panjang pendek bacaan
• Dapat melafalalkan bacaan dengan fasih (makhroj dan tajwidz)
• Dapat meniru irama bacaan dengan baik

Daftar Surat-Surat Al Quran yang Dikenalkan

Adapun surat-surat Al Quran yang dikenalkan kepada peserta didik selama belajar di KB-TK Islam Annajah tertera pada tabel berikut:

KB
Tahfidz A / Pemula
(Kelas Al Qomar)
Tahfidz B / Lanjutan
(Kelas An Nujum)
 1. Al Faatihah
 2. An Naas
 3. Al Falaq
 4. Al-Ikhlash
 5. Al Lahab
 6. An Nashr
 7. Al Kaafiruun
 8. Al Kautsar
 1. Al Faatihah
 2. An Naas
 3. Al Falaq
 4. Al-Ikhlash
 5. Al Lahab
 6. An Nashr
 7. Al Kaafiruun
 8. Al Kautsar
 9. Al Maa’uun
 10. Al Quraisy
 11. Al Fiil
 12. Al Humazah
 13. Al ‘Ashr
 14. At Takatsur 
 1. Al Faatihah
 2. An Naas
 3. Al Falaq
 4. Al-Ikhlash
 5. Al Lahab
 6. An Nashr
 7. Al Kaafiruun
 8. Al Kautsar
 9. Al Maa’uun
 10. Al Quraisy
 11. Al Fiil
 12. Al Humazah
 13. Al ‘Ashr
 14. At Takatsur
 15. Al Qoriah
 16. Al ‘Aadiyaat
 17. Al Zalzalah
 18. Al Bayyinah
 19. Al Qadr
 20. Al Alaq
 21. At Tiin
 22. Al Insyiraah
 23. Ad Dhuha