Makna Nama: An Najah artinya sukses

 

Makna Logo: Kerjasama harmonis, sinergi dan seimbang antara sekolah, rumah dan lingkungan.

 

Dalam animasi tersebut ada tiga icon orang yang merupakan icon dari pilar-pilar pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yaitu: orang tua, lingkungan/masyarakat, dan guru.

Ketiga icon tersebut semakin dipertegas dengan 3 icon berikutnya yaitu Rumah (yaitu orang tua), Kubah Masjid (yaitu lingkungan/masyarakat), dan Sekolah (Tulisan Annajah dan buku yang terbuka)

Sehingga makna logo Annajah adalah kerjasama harmonis, sinergi dan seimbang antara sekolah, rumah dan lingkungan.

Visi: Mewujudkan Generasi SUKSES dunia akhirat

Misi: Menyelenggarakan lembaga pendidikan yang memperhatikan hak-hak dan kebutuhan peserta didik sesuai tuntunan Al Qur’an, Al Hadits dan Kearifan Lokal

Motto: Sehat, Cerdas, Berakhlak Mulia

Penjelasan Motto:

penjelasanmotto

Melanjutkan pilar-pilar pendidikan di atas, manusia terbagi menjadi 3 unsur yaitu kecerdasan, badan/fisik, dan hatinya (akhlak) sehingga untuk menjadi manusia yang sukses di dunia dan di akhirat maka dibutuhkan kesehatan, kecerdasan dan perilaku yang mulia. Itulah sebabnya motto Annajah adalah Sehat, Cerdas dan Berakhlak Mulia.

Pencapaian Visi dan Misi: Dalam rangka mencapai visi dan misi kami, maka kami menyelenggarakan Tahapan Pembelajaran berdasar Al Qur’an, antara lain QS. Al Baqarah 151

pencapaianvisimisi

“Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”

Sehingga dalam tahapan pembelajarannya, maka kami selalu melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Membacakan Ayat-Ayat Ilahiyah (ayat Qauliyah & Ayat Kauniyah)

2. Mensucikan Jiwa (tazkiyyah annafs) (muhasabah, refleksi, do’a)

3. Mengajarkan keilmuan (Baca, tulis, hitung, sains, IT, dll.)

4. Mengajarkan kearifan (hikmah) (praktek budi pekerti, seni budaya Islami, dll.)

5. Menumbuhkan rasa keingintahuan (pengenalan lingkungan alam sosial melalui eksperimen sederhana)

Kelima tahapan pembelajaran tersebut diimplementasikan oleh para pendidik KB-TK Islam Annajah ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari yaitu:

1. Pembuka
Do’a, absensi, refleksi/muhasabah, ikrar, tadarrus & hafalan

2. Inti
Belajar berdasar Sentra (Ibadah,  Sains,  Peran,  Aksara/Persiapan, Kreativitas,  balok, dll.), Diskusi dan Pemaknaan.

3. Penutup
Cerita berhikmah, Recalling & Pembiasaan Do’a sebelum pulang (Doa bepergian dan naik kendaraan)

Tujuan Penyelenggaraan KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah

1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pasal 1.14 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003);

2. Mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik (Penjelasan Pasal 28 ayat 3 Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003);

3. Membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (Pasal 3 PeraturanPemerintahRepublik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990).

Kurikulum dan Metode Pembelajaran

KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah menerapkan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan Permendikbud RI No 146 Tahun 2014 menggunakan metode sentra / BCCT. Dengan metode sentra / BCCT, peserta didik secara bergiliran berpindah dari satu sentra ke sentra lain (moving class), dengan tujuan untuk memberik kebebasan bereksplorasi dan memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak.

Ditambah dengan metode pembelajaran Annajah yaitu:

1. Membacakan Ayat-Ayat Ilahiyah (ayat Qauliyah & Ayat Kauniyah)
2. Mensucikan Jiwa (tazkiyyah annafs) (muhasabah, refleksi, do’a)
3. Mengajarkan keilmuan (Baca, tulis, hitung, sains, IT, dll.)
4. Mengajarkan kearifan (hikmah) (praktek budi pekerti, seni budaya Islami, dll.)
5. Menumbuhkan rasa keingintahuan (pengenalan lingkungan alam sosial melalui eksperimen sederhana)

Kemudian, sentra-sentra yang terdapat di KB-TK Islam Annajah Taman Melati Indah antara lain:

1. Sentra Balok

img-20160804-wa0009

Sentra ini membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkonstruksi. Sentra ini mengutamakan perkembangan visual-spasial dan matematika anak pada usia dini, sehingga anak dapat memvisualisasikan imajinasinya secara optimal dengan mengenal berbagai bentuk geometrid serta juga memahami konsep ruang dan bentuk.

2. Sentra Peran dan Seni Kreatifitas

dscn03021

Sentra ini memfokuskan pada perkembangan bahasa, interaksi sosial dan keterampilan siswa. Dengan bermain peran, siswa dapat berfantasi dan berpura-pura memainkan perannya sekaligus melatih kemampuan bahasa dan interaksi sosialnya, sehingga anak mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara optimal. Selain itu, sentra ini juga memfokuskan pada seni kreatifitas siswa dengan menciptakan sebuah karya yang dapat melatih daya kreatifitas dan melatih berfikir kreatif. Siswa dapat bermain sambil belajar untuk mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, bersosialisasi, melatih koordinasi antara mata, tangan, kaki dan pikiran.

3. Sentra Bahan Alam

img-20160811-wa0027

Sentra ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pada siswa untuk bereksplorasi dengan berbagai materi. Sentrai ini memberikan siswa untuk bermain sambil belajar untuk menunjukkan, mengenali, membandingkan, menghubungkan, dan membedakan. Dengan eksplorasi dan eksperimen, siswa akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar, sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

4. Sentra Ruhani Islam

img-20160801-wa0033

Sentra ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan spiritual pada siswa sejak dini dan membentuk pribadi yang cerdas dan berperilaku sesuai dengan norma-norma agama. Kegiatan yang dilakukan dalam sentra ini merupakan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa, karena pengenalan dan pemahaman terhadap agama merupakan suatu konsep yang abstrak dan perlu diterjemahkan menjadi aktivitas yang konkret bagi siswa.

5. Sentra Persiapan

img-20160722-wa0090

Sentra ini berfungsi memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan matematika, pra-menulis dan pra-membaca, dengan kegiatan mengurutkan, mengklasifikasikan, dan mengelompokkan berbagai aktivitas lainnya yang mendukung perkembangan kognitif siswa sehingga siswa dapat berfikir teratur, senang membaca dan menulis serta berhitung

Fasilitas
1.    Ruang kelas ber-AC
2.    Sarana bermain outdoor dan indoor
3.    Laboratorium Komputer
4.    Internet
5.    CCTV 24 jam

Program Unggulan
1.    Tahfidz Al-Quran
2.    Asmaul Husna
3.    Moving Class
4.    Komputer