Lima Hal yang Perlu Diketahui Anak Sebelum Usia 5 Tahun

Share yuk!
  • 10
    Shares

Usia 5 tahun adalah waktu di mana anak-anak pada umumnya masuk sekolah taman kanak-kanak. Tentu, sebelum masuk sekolah mereka harus membekali diri dengan berbagai skill dan pengetahuan.

Oleh sebab itu, mendekati ulang tahun yang kelima, orangtua perlu mengajari anak beberapa hal sebagai persiapan diri mereka saat masuk sekolah hari pertama, dan hal ini tak ada hubungannya dengan pelajaran sekolah. Mengutip dari Popsugar, Rabu (10/1/2018), inilah beberapa hal yang wajib anak tahu sebelum berusia 5 tahun.

Nama orangtua dan nomor telepon

Anak-anak biasanya hanya mengenal orangtua sebagai “Ibu” atau “Ayah”. Mereka tidak sadar bahwa orangtua punya nama asli. Pastikan anak mengenal nama depan dan nama belakang orangtuanya dan tahu bagaimana cara menghubungi Anda. Ajarkan anak melepon orangtuanya dengan meminjam telepon orang dewasa lain.

Bagaimana dan kapan harus menelepon polisi

Anak-anak kemungkinan akan belajar tentang menelepon polisi dan mengidentifikasi keadaan darurat di sekolah, namun mereka masih harus mengetahui latihan sebelum ulang tahun kelima guna berjaga-jaga. Melalui beberapa contoh keadaan darurat, jelaskan tingkat keparahan kapan harus melepon polisi dan lakukan latihan dengan menelepon di telepon.

Melihat dua arah

Ketika anak sedang jalan sendiri, mungkin ada teman di seberang jalan dan ada bola menggelinding ke arah mereka, mungkin juga anak sibuk memerhatikan yang lain ketika sedang makan es krim. Situasi seperti itu mengharuskan anak untuk melihat ke dua arah sekaligus. Salah satu manfaatnya dapat menyelamatkan mereka ketika menyebrang jalan.

Jangan takut pada semua orang asing

Sangat mudah melindungi anak dengan menginstruksikan mereka untuk tidak berbicara kepada siapapun yang mereka tidak dikenal, tapi itu sebenarnya bisa menyusahkan anak suatu saat. Jika anak dalam masalah atau tidak dapat menemukan telepon untuk menghubungi orangtua atau polisi, ketakutan dengan orang asing dapat menyebabkan mereka tidak mencari pertolongan. Pastikan mereka tahu kepada siapa dapat mencari pertolongan, misalnya orang di toko atau pelayan restoran.

Tentang tubuh mereka

Di rumah, kemungkinan semua orang bebas memeluk, mencium, dan meringkuk, tapi penting bagi anak mengerti bahwa memeluk atau mencium seseorang yang bukan dalam keluarga adalah pilihan. Pastikan anak tahu bagian tubuhnya yang tidak boleh disentuh orang dewasa lain dan temannya.

Jurnalis: Vessy Frizona
Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/09/196/1842460/sederet-hal-yang-perlu-diketahui-anak-sebelum-usia-5-tahun