Kiat Memilih TK Yang Tepat Untuk Anak Anda

Menurut Data Satuan Pendidikan  Anak Usia Dini yang dimiliki oleh Kemendikbud RI, jumlah TK di Kota Depok saat ini sudah mencapai 664 sekolah. Banyaknya jumlah sekolah tersebut tentunya bakal membuat orang tua kebingungan dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, jangan sampai orang tua salah memilih sekolah karena pasti ada konsekuensi dengan masa depan anak.

Artikel ini ditulis untuk membantu tugas berat ayah bunda dalam mencari sekolah untuk anak ayah bunda. Karena orangtua membutuhkan riset kecil, kehati-hatian dan membutuhkan waktu. Berikut 8 hal penting yang patut dijadikan bahan pertimbangan orang tua dalam memilih TK yang tepat.

  1. Dimana lokasi sekolahnya?

Dengan mengetahui lokasi sekolahnya maka ayah bunda dapat mengetahui jarak dan waktu tempuh dari rumah Ayah bunda karena anak-anak usia dini tentunya masih belum sepenuhnya mengerti dan hafal tentang jalanan dan keadaan sekitar rumahnya apakah aman atau tidak aman.

Oleh sebab itu, sudah merupakan tugas  Ayah bunda sebagai orang tua untuk memastikan bahwa lokasi calon sekolah anak Ayah bunda dekat dari rumah, lokasinya aman, terlindung dari jalan raya, tidak banyak benda-benda berbahaya bagi anak, serta bersih.

Jika ayah bunda bermukim di kota Depok, khususnya daerah sekitar Sawangan dan Bojongsari, maka Ayah bunda dapat memasukkan sekolah kami, KB-TK Islam Annajah, ke dalam pertimbangan Ayah bunda. Kami akan dengan senang hati jika ayah bunda berkunjung ke sekolah kami. Lokasi sekolah kami berada tepat di jantung Perumahan Taman Melati Indah yang sangat strategis karena tepat berada di kawasan yang akan terus berkembang di kota Depok. Adapun alamat sekolah kami adalah Perumahan Taman Melati Indah Blok B 28-29, Jl. Raya Pengasinan, RT 04 RW 02, Kampung Parung Poncol, Kel. Duren Mekar, Kec. Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Telp: (0251) 86-1980-1.

Ayah bunda dapat melihat lokasi sekolah kami di link ini.

  1. Cari tahu profil guru atau pendidiknya?

Sekolah yang berkualitas, tentunya mempunyai guru yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Pastikan Ayah bunda mengetahui profil calon guru anak ayah bunda. Guru yang baik pastinya banyak mendapatkan pelatihan tentang pendidikan anak usia dini sehingga guru memahami cara mendidik dan melatih kemampuan anak Ayah bunda sesuai dengan tingkat usianya.

Jika ayah bunda memiliki keterbatasan waktu, maka ayah bunda dapat mengunjungi website sekolah untuk melakukan riset sederhana agar lebih mengenal tentang profil sekolahnya. Pilihlah sekolah yang menampilkan profil pendidiknya di websitenya karena itu akan menghemat waktu riset ayah bunda, sekaligus menayah bundakan sekolah tersebut maju dan terbuka dengan orang tua peserta didiknya. profil. Ayah bunda dapat membaca para pendidik di sekolah kami di link ini http://tk.annajah.id/staf-kami/

Jika ayah bunda dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sekolah saat jam belajar, ayah bunda dapat berbicara dengan kepala sekolah atau gurunya, karena seorang kepala sekolah atau guru sudah seharusnya memahami seluk beluk pendidikan anak usia dini dan memiliki gairah dalam mengajar peserta didiknya. Ayah bunda dapat bertanya tentang cara guru dalam menghadapi peserta didiknya, karena dari jawaban tersebut, ayah bunda akan tahu bagaimana kualitas kepala sekolah atau guru.

Dengan mengetahui kepala sekolah dan gurunya memahami seluk beluk pendidikan anak usia dini, maka ayah bunda dapat tenang dan percaya untuk menitipkan anak ayah bunda ke sekolah tersebut karena anak ayah bunda akan dibimbing dengan benar.

  1. Bagaimana anak-anak akan mengisi waktu di sekolah tersebut?

Kelas TK yang baik adalah kelas yang suasana dan kondisinya dibangun dengan menyenangkan sehingga aktivitas bermain dan belajarnya menjadi menyenangkan pula. Peserta didiknya merasa nyaman dan kegiatannya bermainnya pun beragam seperti bermain balok susun, alat peraga, mewarnai, merangkai puzzle, dan aktivitas bermain lainnya.

Jika ayah bunda dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sekolah saat jam belajar, maka ayah bunda dapat melihat sendiri bagaimana anak-anak belajar dan bermain. Apakah sebagian besar anak-anak di sana bahagia, tertawa dan tersenyum? Ataukah sebaliknya. Dengan mengetahui anak-anak di sekolah bahagia maka ayah bunda dapat tenang dan percaya untuk menitipkan anak ayah bunda ke sekolah tersebut. TK Islam An Najah juga memiliki program trial untuk ananda selama 1-3 hari, sehingga ayah bunda dapat memanfaatkan program itu untuk mengetahui bagaimana anak-anak akan mengisi waktu di sekolah.

Jika ayah bunda memiliki keterbatasan waktu, maka ayah bunda dapat melihat aktivitas peserta didik kami dalam kegiatan belajar di sekolah kami melalui website kami berikut http://tk.annajah.id/sekilas-kegiatan-belajar-kami/

  1. Bagaimana suasana atau kondisi sekolah dan ruang kelasnya?

Kelas dikondisikan untuk semenarik mungkin untuk meningkatkan daya imaginasi dan keingintahuan anak lebih besar seperti adanya hasil karya peserta didik yang dipajang di tembok. Ayah bunda dapat datang ke sekolah dan melihat-lihat suasana atau kondisi sekolah dan ruang kelasnya karena dari sana ayah bunda dapat melihat langsung dan membuat penilaian.

Jika ayah bunda memiliki keterbatasan waktu, maka ayah bunda dapat melihat suasana atau kondisi sekolah dan ruang kelas di sekolah kami melalui link ini http://tk.annajah.id/sarana-belajar-dan-mengajar-yang-representatif/

  1. Bagaimana visi misi dan kurikulumnya? Apakah ada program unggulan?

Ayah bunda dapat melakukan riset tentang visi dan misi sekolah serta kurikulum yang digunakan. Apakah visi dan misinya sesuai dengan visi dan misi pendidikan dari orangtua. Apakah kurikulumnya nasional atau Internasional? Lalu, apa saja kegiatan yang dilakukan selama semester dan tahunan?

Adapun penjelasan singkat mengenai kurikulum yang digunakan sekolah kami dapat ayah bunda lihat di link berikut http://tk.annajah.id/mengapa-memilih-annajah/#kurikulum

Jika ayah bunda dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sekolah kami, ayah bunda dapat meminta kepala sekolah memperlihatkan dokumen seperti kalender akademik, program tahunan atau program semester. Sekolah yang baik dan menganut prinsip keterbukaan, pasti memiliki dokumen tersebut dan memperlihatkan dokumen tersebut.

Ayah bunda juga dapat melakukan riset tentang program unggulan apa yang akan diajarkan sekolah kepada anak Ayah bunda dan apakah program tersebut akan berguna untuk masa depannya.

Sekolah kami memiliki program Unggulan yaitu Tahfidz Al-Quran & Asmaul Husna. Program ini merupakan dilakukan setiap pagi hari sebelum anak Ayah bunda belajar ilmu pengetahuan di sentra-sentra. Peserta didik terlebih dahulu akan dikenalkan surat-surat pendek Al Quran berikut dengan Tartil dan Tahsin, serta Asmaul Husna yang kemudian dilanjutkan dengan muhasabah, refleksi, atau do’a dalam rangka mensucikan jiwa (Tazkiyyah Annafs). Silakan ayah bunda melihat informasi lebih lanjut terkait program unggulan di link berikut http://tk.annajah.id/mengapa-memilih-annajah/#programunggulan

  1. Sudahkah sekolah mendapat izin operasional atau status akreditasi dari pemerintah?

Izin operasional sekolah merupakan hal yang penting karena dengan adanya surat izin operasional sekolah maka sekolah tersebut resmi dan sah mendapat ijin dari pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Hal itu juga merupakan awal perwujudan yang nyata dalam mewujudkan tertib  administrasi pengelolaan sekolah yang baik sekaligus menandakan bahwa sekolah telah memenuhi standar prosedur dan persyaratan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Oleh sebab itu, sekolah kami telah mendapatkan Izin Pendirian dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dari Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Pemerintah Kota Depok bernomor 421.1/l31/BPMP2T/XI/2016. Untuk akreditasi, sekolah kami mendapat giliran untuk di akreditasi pada tahun 2020.

  1. Bagaimana dengan biaya pendidikannya?

Kadang biaya pendidikan menjadi salah satu faktor yang paling dominan bagi sebagaian besar orang tua dalam memutuskan sekolah yang akan dituju. Hal ini wajar terjadi karena semakin bagus kualitas dan sistem pengajaran serta semakin lengkap fasilitas yang diberikan, maka semakin mahal pula biayanya. Bahkan, menurut harian Republika (2014), besaran biaya pendidikan di Jakarta mengalami kenaikan antara 10 hingga 25 persen setiap tahunnya. Hal ini dapat terjadi karena penyesuaian terhadap inflasi.

Untuk biaya pendidikan di sekolah kami pada tahun ajaran 2017/2018, ayah bunda dapat melihatnya di link berikut http://tk.annajah.id/psb/#biayapendidikan

Dibandingkan dengan sekolah yang ada di sekitar wilayah sekolah kami, biaya pendidikan di sekolah kami masih termasuk relatif terjangkau. Meskipun demikian, bukan berarti kami mengorbankan kualitas pendidikan di sekolah kami. Dari sisi internal, kami melakukan efisiensi pengeluaran biaya, sebagai contoh, kami membuat sendiri alat peraga edukatif dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai atau bekas.

  1. Bagaimana dengan testimoni orang tua / wali murid peserta didiknya?

Kesuksesan sebuah sekolah tak terlepas dari feedback orang-orang yang terlibat di dalamnya, dalam hal ini adalah orang tua / wali peserta didik. Testimoni atau kesan dan pesan yang dilontarkan oleh orang tua / wali peserta didik bisa jadi merupakan salah satu ukuran bahwa sekolah tersebut benar-benar menjaga kualitas layanan pendidikannya. Biasanya, di website sekolah ada bagian khusus yang menampilkan testimoni dari orang tua / wali peserta didik mengenai sekolah sehingga Ayah bunda dapat melihat testimoninya. Ayah bunda juga dapat melihat testimoni orang tua / wali peserta didik sekolah kami di link ini.

Demikianlah artikel kiat memilih TK yang tepat untuk anak anda. Kami tunggu ayah bunda untuk mendaftarkan anak ayah bunda di sekolah kami.  Silakan klik link ini http://tk.annajah.id/psb/#pertanyaan untuk informasi pendaftaran peserta didik KB-TK Islam Annajah tahun ajaran 2017/2018.