KB-TK Islam Annajah Resmi Menjadi Sekolah Anggota UNESCO ASPnet

Share yuk!

Alhamdulillah, pada hari ini, Kamis tanggal 9 Maret 2017, di Ruang Anggrek, Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, telah dilakukan serah terima sertifikat keanggotaan KB-TK Islam An Najah ke dalam UNESCO Associated School Project Network (Jaringan Proyek Sekolah Berasosiasi dengan UNESCO).

Sertifikat tersebut diserahkan bersama oleh Bapak Prof. H. Arief Rahman, M.Pd (Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) dan Ibu Dra. Hj. Hasnah Gasim (Koordinator UNESCO ASPnet Indonesia) kepada Ibu Ika Ayu Pratiwi, S.Pd (Kepala KB-TK Islam An Najah) yang disaksikan oleh Bapak Hari Prasetyo, M.A (Direktur Pendidikan Yayasan An Najah Taman Melati Indah) dan beberapa kepala sekolah dan guru dari sekolah anggota UNESCO ASPnet lainnya. Selain KB-TK Islam An Najah, ada juga SDN Bendungan Hilir 12 dan SMK Bukit Asam, Muara Enim yang menerima sertifikat keanggotaan UNESCO ASPnet tersebut.

Bergabungnya KB-TK Islam An Najah ini di awali dengan proses mendaftarkan diri ke UNESCO ASPnet Indonesia pada tahun 2016 yang lalu dan KB-TK Islam An Najah telah melakukan dan melaporkan kegiatan pembelajaran yang sejalan dengan tema UNESCO ASPnet (Education for Sustainable Development). Selain itu, KB-TK Islam An Najah juga aktif mengikuti kegiatan Learning to Live Together yang diselenggarakan UNESCO ASPnet Indonesia bekerja sama dengan Arigatou International, sehingga atas rekomendasi koordinator UNESCO ASPnet Indonesia ke UNESCO Paris, maka Madame Irena Bukova (Dirjen UNESCO yang berkedudukan di Paris, Perancis) memberikan status keanggotaan tersebut kepada KB-TK Islam An Najah.

KB-TK Islam Annajah Resmi Menjadi Sekolah Anggota UNESCO ASPnet
Sertifikat Keanggotaan KB-TK Islam An Najah di UNESCO ASPnet

Dengan resminya KB-TK Islam An Najah Taman Melati Indah menjadi sekolah anggota UNESCO ASPnet, maka KB-TK Islam An Najah Taman Melati Indah menjadi preschool pertama di Indonesia yang berhasil menjadi anggota UNESCO ASPnet tersebut. Kini, jumlah anggota sekolah UNESCO ASPnet di Indonesia lebih dari 100 sekolah.

UNESCO telah mendirikan Jaringan Proyek Sekolah Berasosiasi dengan UNESCO (UNESCO ASPnet) pada tahun 1953 untuk memasukkan ide-ide UNESCO dalam program sekolah sebagai percobaan proyek UNESCO di sekolah. Sampai dengan tahun 2017 telah ada 10.000 institusi pendidikan pada 180 negara dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai dengan Perguruan Tinggi yang telah menjadi anggota UNESCO ASPnet. Sekolah yang menjadi anggota UNESCO ASPnet tersebut harus komit untuk meningkatkan cita-cita UNESCO dengan jalan melaksanakan proyek percobaan dalam mempersiapkan anak dan pemuda Iebih balk dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin rumit.

Kegiatan UNESCO ASPnet di sekolah disesuaikan dengan tema yang dipilih oleh masing-masing sekolah. Strategi UNESCO ASPnet menekankan pada konsep lifelong education berdasarkan 4 Pilar Pendidikan untuk abad ke-21 yakni learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Guru dan siswa ASPnet mempunyai banyak kesempatan untuk bekerjasama diluar kelas melalui on line collaborative learning dalam mengembangkan pendekatan metode pendidikan dan bahan belajar pada tingkat lokal sampai dengan global.

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh KB-TK Islam An Najah dengan menjadi anggota UNESCO-ASPnet, yaitu:

  1. Mendapat bahan dari UNESCO atau Organisasi Internasional lainnya.
  2. Dapat berhubungan langsung dengan guru dari negara lain untuk lebih memahami pendidikan “International Understanding“.
  3. Dapat mengikuti program yang ditawarkan UNESCO.
  4. Dapat menyumbangkan pendidikan untuk perdamaian.
  5. Dapat menyebarkan hasil proyek yang dilakukan pada tingkat sekolah ke seluruh dunia melalui buletin UNESCO yang diterbitkan dalam rangka ASPnet.
  6. Ikut berpartisipasi dalam program ASPnet dengan memberikan kesempatan kepada guru, siswa, orang tua untuk ikut membangun perdamaian dalan hati dan pikiran anak dan pemuda yang akan menjadi pimpinan dan pembuat keputusan pada masa yang akan datang.
  7. Membuat jaringan antar sekolah untuk berkerjasama yang saling menguntungkan.
  8. Memberikan kontribusi secara aktif untuk memperkuat tujuan dan prinsip yang dicantumkan dalam program UNESCO.
  9. Mengembangkan dan memakai metode belajar yang baru dan diseminasi metode tersebut.
  10. Menjadi pusat penyebaran materi dan pelatihan dari UNESCO di Kota Depok dan sekitarnya.

Semoga dengan bergabungnya KB-TK Islam An Najah ke UNESCO ASPnet, KB-TK Islam An Najah makin berkembang dan menjadi sekolah unggul yang dapat membentuk karakter generasi baru yang mempunyai wawasan yang luas mempunyai visi dan misi serta mau bekerja keras sesuai dengan visi dan misi Yayasan An Najah Taman Melati Indah dan harapan UNESCO. Amin.